Fun Fact Buah Durian. Disebut King Of Fruit dan Memiliki Banyak Manfaat

    ovenallcerise.com - Siapa yang tidak tahu buah durian. buah yang dijuluki king of fruit atau raja dari buah buahan ini memiliki keunikan...

Macam Macam Olahan Aci Yang Perlu Kamu Tahu. Ada Banyak Ternyata!!

 

pixabay.com/ratnafitri

    ovenallcerise.com - Aci adalah makanan khas bandung yang saat ini sudah ada di seluruh indonesia. Banyak sekali macam aci yang bisa dibuat dari mulai cilok, cireng, cilung, baso aci, cimol hingga seblak aci. Jajanan kaki lima yang giruh dan asin ini menjadi jajanan favorit yang murah dan enak.

    Aci artinya adalah tepung aci atau kanji. Tepung kanji juga bisa disebut tepung tapioka. Tepung ini jika dimasak akan menghasilakn adonan yang kenyal. Awalnya aci yang terkenal dan tersebar adalah cilok dan cimol. Banyak sekali orang yang menjajakan makanan ini di seluruh indonesia. Semakin kesini semakin banyak olahan aci yang bisa dinikmati seperti baso aci, seblak aci, cilung, cireng dan lainnya.

Kalian pasti tau beberapa dari olahan aci berikut. Yuk simak apa aja olahan aci yang ada.

baca juga resep mie gacoan home made. mudah dan praktis

Macam Macam Olahan Aci Yang Perlu Kalian Tahu 


1. Cimol



    Cimol memiliki kepanjangan aci digemol atau dibentuk bulat bulat. Cimol dibuat dari tepung kanji yang dibentuk bulat dan digoreng. Cimol bisa disajikan dengan bumbu kering maupun bumbu basah. Cimol memiliki rasa yang gurih dengan kerenyahan kulitnya menjadikan cimol enak disantap sebagai cemilan.




2. Cireng

    Cireng atau aci goreng adalah adonan tepung kanji yang dibentuk pipih lalu digoreng. Cireng bisa diberi isian ayam atau lainnya. Cireng juga memiliki banyak varian seperti cireng nasi, cireng bumbu rujak, dan cireng kuah seblak. Banyaknya varian dan kreatifitas dalam memakan cireng sehingga cireng sering menjadi stok di rumah untuk camilan keluarga.

3. Baso aci

instagram.com/bosque.food

    Pada beberapa tahun terakhir baso aci semakin booming bersamaan dengan seblak. Baso aci adalah aci yang dibentuk bakso dengan kuah pedas dan ditambah jeruk. Isian baso aci ada banyak. Terdiri dari baso aci, cuankie, pangsit, pilus, bumbu dan jeruk limau. Baso aci juga memiliki banyak varian seiring bertambah tahun. Baso aci tulang rangu, baso aci ayam, baso aci mozarella, baso aci jamur, baso aci cumi dan masih banyak varian lainnya. 

4. Seblak aci

instagram.com/efritaasmr

    Seblak aci adalah seblak yang dimasak dengan tepung aci sehingga menjadi kental. Seblak sendiri adalah masakan krupuk yang direbus dengan ditambah bumbu bumbu khas. Nah seblak aci adalah seblak biasa yang diguyur tepung kanji sehingga menjadikan kuahnya kental  seperti slime. Mudah sekali membuat seblak aci karena bisa membeli seblak instan lalu diberi tepung kanji saat hendak matang.

5. Cilung

instagram.com/meigayustrikusnadi

    Cilung ini adalah jajanan sekolah atau jajanan kaki lima. Cilung ini terinspirasi dari telur gulung tetapi bedanya ini aci yang digulung. Cilung ini dimasak seperti telur gulung dan di gulung pada tusuk sate. Cilung bisa dinikmati dengan saos cair maupun bumbu bubuk. Cilung biasa dijajakan dekat sekolah sekolah sehingga harganya tidak mahal dan bisa disantap sepulang sekolah.

6. Cilok


    Cilok, salah satu jajanan yang sudah lama booming dan ada di mana mana. Cilok sendiri merupakan kependekan dari aci dicolok karena cara memakannya dengan dicolok satu satu. Cilok kini memiliki banyak varian dan kreatifitas massing masing daerah karena sudah menyebar dari lama. Cilok bisa diisi dengan abon atau ayam atau cilok bisa diberi tambahan daging pada adonannya sehingga tidak terlalu kenyal maupun cilok jadul yang benar benar 100% masi menggunakan tepung kanji saja.

7. Cilor/cimin

instagram.com/itsshabilla


    Cilor atau cimin adalah cilok mini. Cimin ini hampir sama dengan cilok tetapi bentuknya cenderung kotak dan dimasak dengan telur pada wajan lubang lubang. Cimin juga bisa disebut dengan cilor atau aci telor. Kedua ini sama saja. bumbu yang dipadukan dengan cimin atau cilor ini juga bisa bumbu cair dan bumbu bubuk. Tergantung selera pembeli. biasnaya penjual cilor akan memiliki menu maklor atau makaroni telor.





8. Cibay

instagram.com/saladsayurcilegon

    Cibay adalah aci ngambay. Cibay ini merupakan adonan aci yang dibalut dengan kulit lumpia. Bentuknya mirip dnegan martabak tetapi berbeda isian. Cibay bisa menjadi cemilan sore hari di rumah. 

baca juga 4 rekomendasi resto sambal bakar

    Itulah tadi 8 macam macam olahan aci yang ada di indonesia. Banyak sekali kreatifitas yang bisa didapatkan dari tepung kanji. Berbagai makanan dan jajanan khas dari bandung ini semua terbuat dari aci seperti cimol, cilok, cibay, cireng, dan lain sebagainya. Silakan mencoba membuat atau membeli sendiri. Simak terus artikel lainnya pada blog ini.^_^

Share:

0 komentar

Postingan Populer