Fun Fact Buah Durian. Disebut King Of Fruit dan Memiliki Banyak Manfaat

    ovenallcerise.com - Siapa yang tidak tahu buah durian. buah yang dijuluki king of fruit atau raja dari buah buahan ini memiliki keunikan...

Kimbap/Gimbap Atau Sushi, Apa Bedanya?

 


    ovenallcerise.com - Kalian pasti tidak asing dengan kata kimbap maupun sushi. Makanan yang identik dengan nasi yang digulung bersama nori ini memiliki banyak ragam dan asalnya. Seperti kimbap yang berasal dari korea dan sushi yang berasal dari jepang. Cara memasak dan penyajiannya pun cukup berbeda. Tapi apa sih bedanya kimbap dengan sushi? mari kita bahas.

    Kimbap dan sushi sejatinya masih sama yaitu nasi yang digulung dengan isi dan dilapisi dengan nori. Kimbap atau gimbap berasal dari korea selatan sedangkan sushi berasal dari jepang. Mungkin karena masih bertetangga sehingga makanan mereka pun hampir sama. Asal usul kimbap masih simpang siur karena ada yang mengatakan bahwa kimbap berawal dari era penjajahan jepang dimana jepang memperkenalkan makanan norimaki atau maki sushi kepada korea. Ada juga yang mengatakan bahwa kimbap sudah ada sejak jama joseon. Sementara itu, sushi berasal dari metode pengawetan asia tenggara yang menyebar hingga ke jepang dan mempelopori sushi dengan narezushi. Narezushi adalah sushi dengan isi ikan yang diawetkan yang menyebabkan bau dan rasa yang kuat yang ditaruh di atas nasi hangat.

baca juga Tanghulu, jajanan manis yang berasal dari china

Beda Kimbap Dan Sushi apa?

    Kimbap



    Kimbap adalah makanan khas korea. Akhir akhir ini, setelah drama "Extraordinary attorney Woo" tayang, kimbap jadi semakin populer karena pemeran utama yang sering memakan kimbap buatan ayahnya yang seorang penjual kimbap. Kimbap memiliki ciri khasnya sendiri dibanding sushi. Jika sushi memiliki banyak macam. Kimbap konsisten dengan bentuk dan isinya. Selain itu yang membedakan kimbap dan sushi ada pada campuran nasinya. Nasi pada kimbap diberi minyak sesame, dan garam. Untuk isinya pada kimbap biasanya berisi sayur seperti wortel dan timun, lalu ada protein seperti kornet dan telur, dan ditambah dengan danmuji atau acar lobak. Membuatnya pun tidak terlalu sulit. Kalian hanya butuh menyiapkan bahan bahan tersebut dan juga nori. Biasanya kimbap dibuat dengan nori ukuran besar sehingga satu kali gulung bisa langsung mendapatkan 5 samapi 6 potong kimbap. Tidak harus dipotong, beberapa toko di korea juga mengemas kimbap mereka dengan keadaan full tanpa dipotong.

baca juga resep chili oil, saus atau bumbu untuk memasak praktis

Sushi



    Sushi adalah makanan yang berasal dari jepang. Sushi yang pertama kali ada adalah sushi yang bernama narezushi yang dibuat dengan ikan yang diawetkan sehingga memiliki bau dan rasa yang tajam. Beda sushi dan kimbap ada pada nasinya. Nasi yang dipakai untuk sushi diberi sedikit cuka biasanya ditambah garam dan gula. Jenis jenis sushi banyak sekali. tetapi jarang sekali di Indonesia yang menyajikan semua jenis sushi. Yang paling sederhana ada hosomaki, hosomaki sushi identik dengan hanya memiliki isian satu di tengah nasi yang digulung. Lalu ada norimaki, nori ini hampir sama seperti kimbap memiliki berbagai varian isian yang dibalut dengan nasi dan nori. Ada juga inarizushi, dimana sushinya tidak dibalut nori tetapi kulit tahu yang dibuat seperti kantong. Selanjutnya ada nigiri sushi, sushi jenis ini cukup terkenal, sushi ini juga tidak ada norinya melainkan isiannya berada di atasnya seperti ikan salmon yang masih mentah. Biasanya sushi ini sudah memiliki wasabi dibawah toppingnya. Lalu ada gunkan, berbentuk seperti kapal selam. Sushi ini memakai nori yang cukup tinggi dimana nasinya tersembunyi di dalam lalu ada topping di atasnya biasanya disajikan menggunakan isian telur ikan. 

    Selanjutnya ada uramaki, kali ini sushinya berbeda karena nori dan nasinya dibalik. Sehingga nori yang berada di dalam nasinya. Ada chirasi, yaitu sushi bowl. Ada juga temaki sushi berbentuk seperti corong yang berisi nasi dan isian di atasnya. Sushi ini seperti berbentuk cone es krim hanya saja ini sushi. Terakhir ada sashimi, sushi jenis ini tidak menggunakan nasi dan nori. Lantaran hanya menggunakan isiannya saja yang notabene ikan segar.

    Itulah beda sushi dan kimbap. Bedanya hanya pada nasinya dimana kimbap memakai minyak sesame sedangkan sushi menggunakan cuka. Untuk topping nya sendiri juga beragam dan bisa memilih. Jika kimbap memiliki satu jenis, sushi memiliki banyak jenis yang bisa dicoba. Dari mulai hosomaki hingga sashimi. Kalian bsia membuatnya sendiri atau membeli nya di supermarket yang menyediakan. Simak terus artikel lainnya di blog ini.^_^

Share:

0 komentar

Postingan Populer