Fun Fact Buah Durian. Disebut King Of Fruit dan Memiliki Banyak Manfaat

    ovenallcerise.com - Siapa yang tidak tahu buah durian. buah yang dijuluki king of fruit atau raja dari buah buahan ini memiliki keunikan...

Macam Macam Makanan Khas Korea, Ada Kimchi dan Toppoki


    ovenallcerise.com - Korea selatan sudah menjadi negara yang sangat terkenal. Dari mulai boybandnya, hingga kdrama. Banyak sekali kultur yang menjadi booming dari korea selatan termasuk makanan khas dari negeri gingseng ini. Banyak makanan yang diperkenalkan seperti army stew, toppoki, ramyun, samyang, dan masih banyak lagi.

    Korea selatan adalah negara yang berada di timur asia dengan perbatasan korea utara. Korea selatan mulai terkenal akan boybandnya. Boyband yang membuat terkenal korea menjadikan segala sisi korea ikut terangkat. Seperti makanan khas korea maupun baju adat korea. Kali ini kita akan membahas mengenai makanan khas dari korea selatan. Banyak sekali macam nya. makanan korea di sebarluaskan mulai dari iklan boyband, mukbang influencer, hingga ditampilkan dalam drama korea yang membuat kita ngiler ketika menonton k-drama.

baca juga resep membuat kimchi homemade

Jenis Makanan Korea Selatan


- Kimchi



    Kimchi merupakan makanan fermentasi yang terbuat dari sayur sawi putih. Tetapi, banyak sekali jenis kimchi yang ada di korea seperti kimchi lobak, kimchi daun bawang dan lainnya. Kimchi juga memiliki dua varian seperti kimchi yang biasa kita liat yaitu berwarna merah dan juga kimchi yang berwarna putih. Kimchi yang berwarna putih biasanya diberikan untuk anak anak karena tidak mengandung cabai. Bahan dasar dari kimchi adalah cabai dan gochujang. Dua bahan itu sangat krusial karena semua kimchi pasti menggunakan itu kecuali kimchi putih.






- Army stew

    Army stew atau kimchi jjigae adalah masakan berkuah mirip hotpot, hanya saja army stew ini terbuat dari base gochujang dan cabai bubuk korea. Isiannya pun beragam sesuai selera seperti tahu, kimchi, sawi putih, kornet, odeng, toppoki, dan lainnya. Banyak sekali restoran yang menggunakan menu ini pada restoran korea mereka. Kimchi jjigae ini biasa dimasak untuk lebih dari 1 orang. 

- Kimbap

    Kimbap merupakan nasi isi yang digulung menggunakan nori. Kimbap hampir sama dengan sushi, hanya saja kimbap memiliki khas sendiri yaitu isiannya. Telur, wortel, timun dan tidak lupa juga danmuji atau lobak kuning korea jadi isian kimbap. Isian kimbap yang hampir sama setiap resto menjadikan ciri khas kimbap sebagai makanan khas korea. Kimbap juga tergolong murah sehingga sering kali kimbap digunakan dalam drama korea.

Baca juga apa bedanya kimbap dengan sushi?

- Samgyetang

    Samgyetang, makanan yang menyehatkan ini sangat dianjurkan jika kalian sedang tidak enak badan maupun kelelahan. Dari ayam utuh yang di isi dengan beras dan juga bahan lainnya lalu direbus dengan ginseng selama kurang lebih 1-2 jam hingga daging empuk. Samgyetang ini dijuluki sup ayam ginseng yang menyehatkan dan menambah stamina di musim panas disaat tubuh berkeringat terus menerus

- Bibimbap

    Makanan ini berdasar kan namanya bibim yang artinya campur dan bap yang artinya nasi. Sehingga bibimbap adalah nasi yang dicampur dengan berbagai lauk dalam satu mangkok. Lauk yang tersedia biasanya ada rebusan bayam, rebusan kecambah, rebusan wortel, daging, kornet, dan telur mata sapi. Tidak lupa pula bumbu yang dipakai yaitu gochujang dan sedikit kecap asin.

- Toppoki

    Pasti tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Ya, toppoki. toppoki atau kue beras khas korea ini sudah sangat sering disebar luaskan melalui k-drama maupun mukbang. Toppoki dibuat dengan kue beras berbentuk lonjong ditambah bumbu gochujang dan cabai bubuk. Toppoki biasanya berisi teok atau kue beras dan odeng atau kue ikan. Toppoki merupakan jajanan kaki lima yang khas dari korea. Di seluruh korea selatan pasti akan menjumpai tempat jualan toppoki di pinggir jalan. toppoki bisa disandingkan dengan sundae atau darah sapi dan juga bermacam gorengan.


Baca juga Chili Oil, rahasia memasak menjadi mudah


    Itulah tadi 6 macam makanan khas dari korea selatan. Korea selatan yang sekarang sangat dikenal masyarakat dunia menjadikan seluruh halnya terkenal termasuk makanan. Makanan khas korea sekarang bisa dicoba di berbagai wilayah karena adanya restoran restoran yang mulai bertemakan korea. Jika ingin mencoba salah satunya, silakan pergi ke restoran korea terdekat di wilayah kalian. Simak terus artikel lainnya di blog ini.^_^



Share:

0 komentar

Postingan Populer