Fun Fact Buah Durian. Disebut King Of Fruit dan Memiliki Banyak Manfaat

    ovenallcerise.com - Siapa yang tidak tahu buah durian. buah yang dijuluki king of fruit atau raja dari buah buahan ini memiliki keunikan...

Mengenal Manfaat Buah Salak Atau Snake Fruit

    ovenallcerise.com - Buah salak adalah buah yang khas daerah tropis. Banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari buah salak. Bisa untuk menu diet untuk menurunkan berat badan, menjaga daya tahan tubuh dan juga mencegah sembelit. Rasanya yang manis dan renyah menjadikan buah ini banyak digemari masyarakat

baca juga 3 resep chicken wings mudah untuk lauk harian maupun cemilan

    Sejarah Salak


    Salak atau snake fruit memiliki nama lain salacca zalacca ini termasuk jenis palma dengan buah yang bisa dimakan. Tidak pasti darimana sejarah salak ditemukan dan ada pertama kali. Tetapi salak telah menjadi buah khas daerah tropis seperti indonesia, malaysia, dan thailand. Bahasa inggrisnya salak adalah snake fruit dimana kulit salak yang menyerupai sisik ular. 

    Salak termasuk jenis palma dimana pohonnya tidak berbatang dan cenderung daunya berduri. Pohonnya rendah dan beranak banyak. Buah salak biasanya ada di tengah tengah satu pohon salak. Pohon salak tumbuh membentuk rumpun yang lebat dan berduri sehingga terkadang sulit untuk memanennya. Kadang buah salak juga dilapisi duri pada kulitnya.

    Daging buah salak berwarna putih dengan biji yang ada di tengah tengah buah. Salak memiliki tekstur yang renyah dengan rasa yang manis kadang juga asam. Karena itu, salak banyak disukai oleh masyarakat. Salak memiliki banyak jenisnya seperti salak pondoh , salak bali, salak madu, salak gading dan lain sebagainya. Perbedaan jenisnya bisa diliat dari warna kulitnya, rasa buahnya dan juga besar bijinya. 

Manfaat Buah Salak



    Buah yang menyerupai sisik ular ini memiliki banyak sekali manfaat yang bisa membantu kamu dalam banyak hal. Buah salak mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk tubuh. 

        Per 100 gr salak memiliki

        Kalori 77 kl , air 78 gr, protein 0.4 g, karbohidrat 20.9 g, kalsium 28 mg, vit C 2 mg, fosfor 18 mg, zat besi 4.2 mg, dan zinc 0.2 mg. 

        Manfaat buah salak adalah :

- Dapat menurunkan berat badan. Salak yang memiliki kalori rendah dan nutrisi yang banyak dapat menajdi pilihan seseorng ketika diet untuk mengisi nutrisi dalam tubuh.

- Membantu menjaga kesehatan jantung. Buah salak kaya akan kalium yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Kalium berperan penting dalam menjaga detak jantung normal dan juga menurunkan tekanan darah.

- Menjaga kesehatan mata. Kalian pasti sering dengar jika wortel dapat membantu menjaga kesehatan mata. Salak juga dapat membantu menjaga kesehatan mata dimana salak memiliki kandungan vit A yang baik untuk mata

Membantu mencerahkan kulit. Salak memiliki kandungan vit C yang dapat membantu mencerahkan kulit.

- Meningkatkan kesehatan tubuh. Salak adalah salah satu buah buahan yang mengandung kalori sedikit dan banyak nutrisi. Oleh karena itu, salak dapat menjadi salah satu pilihan buah yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Baca juga macam macam bakso yang perlu kalian tahu, enak dan bikin nagih!

    Itulah tadi penjelasan mengenai buah salak dari mulai asal usulnya hingga manfaat yang ada dalam buah salak. Buah salak memiliki banyak nutrisi yang bisa membantu dalam meningkatkan kesehatan tubuh. Buah khas daerah tropis ini memiliki rasa yang enak dan banyak digemari karena kalori yang sedikit. Kalian bisa mencari buah salak saat musimnya biasanya awal tahun atau juga pada toko toko buah yang ada di kotamu. Simak terus artikel lainnya di blog ini.^_^

Share:

0 komentar

Postingan Populer